Marketing Coursework
· Close Competitor
Close Competitor dari LUX adalah Dove.
Alasan :
Karena begitu Dove memasuki pasar Indonesia, Dove langsung mendapatkan pasar yang luas. Hal ini disebabkan para pengguna LUX berubah memakai Dove; karena Dove memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh LUX
Keunggulan :
- Mengandung moisturizer
- Menjadikan rambut dan kulit lebih lembut
- Telah memiliki pasarnya sendiri
- Produknya memiliki banyak macam
- Keharumannya tahan lama
· Fighting Brand
* Differential antara produk Lux dan Dove :
o Produk Lux tidak menmgandung moisturizer, sedangkan Dove mengandung moisturizer, yang menjadikan rambut lebih lembut. Oleh karena itu Lux mengeluarkan brand baru yang bernama Beauty, yang juga mengandung moisturizer bahkan disertai dengan aroma terapi. Sehingga Lux dapat merebut lagi pasar yang telah dimiliki sebelumnya.
o Produk fighting brand : BEAUTY
- Beauty Shampoo Spa Aromatherapy plus Moisturizer.
- Beauty Shower Foam Spa Aromatherapy plus Moisturizer.
- Beauty Facial Foam plus Moisturizer.
* Advantages produk fighting brand :
o Beauty Shampoo Spa Aromatherapy plus Moisturizer
Produk shampo yang ditawarkan oleh Beauty ini memiliki keunggulan. Yaitu mempunyai keharuman spa aromatherapy di dalamnya dan mengandung moisturizer, sehingga ketika menggunakannya kita dapat merasa rileks karena adanya kandungan dan efek dari spa aromatherapy didalamnya. Selain itu kandungan tersebut juga memiliki efek yang sama dengan treatment spa, yaitu membuat rambut lebih halus, lembut dan keharuman tahan lama.
o Beauty Shower Foam Spa Aromatherapy plus Moisturizer
Produk sabun yang ditawarkan oleh Beauty ini memiliki keunggulan yaitu mengandung spa aromatherapy dan moisturizer di dalamnya,seperti produk-produk sabun Lux sebelumnya. Kandungan tersebut memiliki efek menimbulkan perasaan rileks saat menghirup keharumannya dan membuat kulit menjadi halus dan tidak kering.
o Beauty Facial Foam plus Moisturizer
Produk pencuci muka yang ditawarkan oleh Beauty ini memiliki keunggulan yaitu memiliki ekstrak lidah buaya dan moisturizer di dalamnya sehingga kulit dapat lebih halus dan kencang dibandingkan sebelumnya. Bahkan di dalam produk Beauty Facial Foam ini terkandung zat anti-aging dan vitamin E yang memperlambat proses penuaan pada kulit wajah.
· Brand dan Packaging
* Brand
Beauty
* Packaging
· Product, Place, Price, Promotions
* Price
o Beauty Shampoo 250 ml, harganya Rp. 18.500,-
Biaya distribusi (pengiriman barang+iklan) = @ Rp. 2.500,-
Packaging = @ Rp. 5.000,-
Biaya produksi = @ Rp.10.000,-
Untung = @ Rp. 1.000,-
o Beauty Shower Foam 250 ml, harganya Rp. 12.500,-
Biaya distribusi (pengiriman barang+iklan) = @ Rp. 1.500,-
Packaging = @ Rp. 3.000,-
Biaya produksi = @ Rp. 7.000,-
Untung = @ Rp. 1.000,-
o Beauty Facial Foam 100 ml, harganya Rp. 8.000,-
Biaya distribusi (pengiriman barang+iklan) = @ Rp. 1.000,-
Packaging = @ Rp. 1.000,-
Biaya produksi = @ Rp. 6.000,-
Untung = @ Rp. 500,-
* Place
o Distributor besar, contoh : Carrefour, Hypermart, Hero, dll.
o Distributor kecil, contoh : Alfamart, Indomart, dll.
o Toko kelontong
* Promotion
o Mengiklankan produk secara menyeluruh di berbagai media yang ada di Indonesia dan merekrut model atau artis Indonesia yang memiliki inner beauty dan dapat mewakili image dari produk Beauty itu sendiri.
o Melakukan road show dan serangkaian acara di berbagai kota-kota besar di Indonesia, dengan menyertakan artis – artis atau model icon dari Beauty yang bertujuan untuk mempromosikan Beuty.
o Membuka stand Beauty Treatment di mall – mall dan melakukan pelayanan treatment secara gratis serta memberikan Beauty advice kepada pengunjung stand. Memberikan sample product pada pengunjung yang mendatangi stand.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar