Blog ini dibuat dengan tujuan untuk menge-post projects dan assignments saya selama mengikuti perkuliahan. Selain itu saya turut menyertakan CV saya. Semoga isi blog ini dapat bermanfaat.
Rabu, 23 September 2009
Marketing - Advertising Differences "McD"
The Advertising Differences of
McDonald’s Internationally
·McDonald’s USA
-Advertising McDonald’s di USA banyak menekankan pada jenis makanan burger. Karena memang di USA menu utama McD adalah burger. Berbeda dengan Indonesia, dimana menu dominannya adalah ayam goreng, di USA bahkan tidak ada menu ayam goreng. Oleh karena itu dalam print-ad USA lebih banyak mempromosikan menu burger.
-Dari print-ad diatas dapat dilihat bahwa McD USA menawarkan menu double cheese burger, yang merupakan menu favorit di USA, dengan harga yang murah. Hal itu terlihat dari kata yang diusung print-ad tersebut, yaitu ‘I’m A Dollar Menu Guy’. Maksud dari perkataan print-ad diatas adalah pria dalam print-ad tersebut merupakan penggemar menu-menu yang harganya relatif murah.
-Print-ad tersebut memang lebih ditargetkan kepada laki-laki, karena tokoh print-ad yang digunakan adalah laki-laki. Selain itu pemakaian kata ‘guy’ dan menu yang digunakan adalah menu yang memang lebih cocok untuk dikonsumsi laki-laki.
·McDonald’s Japan
-Advertising McD di Jepang sangat menarik. Terutama pada video-ad ini, karena dalam video-ad ini digambarkan seorang perempuan yang menggunakan kostum Ronald, maskot McD. Pada video-ad ini, McD mempromosikan McGrand Tomato, yaitu sebuah burger berukuran besar yang mengandung tomat.
-Video-ad ini sangat menarik karena mengusung budaya Jepang itu sendiri, yaitu cosplay atau lebih dikenal costume player. Dalam video-ad ini, gadis tersebut dimaksudkan sebagai sosok yang mengusung budaya modern Jepang dengan menggunakan kostum Ronald. Hal tersebut mengakibatkan video-ad ini menjadi suatu promosi yang sangat cerdas dan menarik. Karena muncul beberapa anggapan bahwa adanya Ronald versi wanita.
·McDonald’s Israel
-Video-ad dari Israel ini sangat menarik. Israel sendiri adalah negara dengan latar belakang Yahudi dan Islam. Dimana kedua ajaran tersebut mempercayai surga dan neraka. Oleh karena itu pada video-ad McD dari Israel, digambarkan bagaimana arwah orang yang meninggal sampai di neraka. Namun, bukannya penuh dengan siksaan, neraka tersebut justru digambarkan sebagai tempat yang nyaman dan banyak makanan-makanan fastfood yang tentu saja adalah menu-menu McD. Namun setelah si arwah tersebut tergoda untuk mencicipi menu McD tersebut, tiba-tiba muncul sebuah penutup mulut yang terbuat dari besi yang mencegah arwah tersebut untuk menyantap menu tersebut. Barulah neraka yang sesungguhnya muncul.
-Iklan dari Israel ini sangat disesuaikan dengan latar belakang ajaran di Israel itu sendiri. Selain itu iklan tersebut juga dikemas menjadi sangat menarik. Iklain ini juga sangat pintar dalam menonjolkan kenikmatan apabila kita menyantap menu McD.
Hi all! Nama saya Denny Ciaman, seorang mahasiswa jurusan Marketing Communication, London School of Public Relations Jakarta. Blog ini saya buat dengan tujuan untuk menge-post projects dan assignments saya selama mengikuti perkuliahan. Selain itu saya turut menyertakan CV saya. Semoga isi blog ini dapat bermanfaat.
MarkPlus Conference adalah satu dari sekian seminar menarik yang saya ikuti. Selain mendapat informasi yang sangat menarik, seminar ini juga dapat dijadikan sebagai sarana networking yang baik!
Apa saja yang dapat dilakukan demi menunjang masa depan ?
- Mengikuti kursus tambahan, mis : komputer, fotografi
Sekarang ini nilai yang bagus tidaklah menjamin kualitas seseorang, karena selain nilai, pengalaman juga menjadi suatu faktor penting ! Oleh karena itu kita semua harus terus mencari pengalaman-pengalaman baru yang akan memberikan manfaat kedepannya dalam dunia kerja. Pengalaman-pengalaman yang paling mudah untuk dikumpulkan untuk saat ini misalnya adalah seminar-seminar ataupun magang, jadi tunggu apa lagi ?
Everyday Class at LSPR
Walaupun suasana kelas yang ramai dan sempit, kami tidak mengangap hal tersebut sebagai masalah dalam proses belajar di kampus. Sebaliknya suasana kelas yang seperti itu justru membuat proses pengajaran lebih hidup dan tentu saja semakin mempererat kekompakan kelas.
Campus On The Go - FX Widayanto
Demi memahami apa arti sesungguhnya dari Entrepreneur, para mahasiswa jurusan Marketing Communication mendapatkan kesempatan untuk datang secara langsung ke studio Widayanto di Tanah Baru. Disana kami semua mendengerkan secara langsung bagaimana upaya Widayanto untuk menjadi seoarng entrepreneur suskes seperti sekarang ini. Selain itu kami juga diajarkan bagaimana cara membuat hasil kerajinan keramik, seperti asbak dan kendi. Sungguh pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar