Rabu, 23 September 2009

Marketing - Advertising Differences "McD"

The Advertising Differences of

McDonald’s Internationally

· McDonald’s USA

- Advertising McDonald’s di USA banyak menekankan pada jenis makanan burger. Karena memang di USA menu utama McD adalah burger. Berbeda dengan Indonesia, dimana menu dominannya adalah ayam goreng, di USA bahkan tidak ada menu ayam goreng. Oleh karena itu dalam print-ad USA lebih banyak mempromosikan menu burger.

- Dari print-ad diatas dapat dilihat bahwa McD USA menawarkan menu double cheese burger, yang merupakan menu favorit di USA, dengan harga yang murah. Hal itu terlihat dari kata yang diusung print-ad tersebut, yaitu ‘I’m A Dollar Menu Guy’. Maksud dari perkataan print-ad diatas adalah pria dalam print-ad tersebut merupakan penggemar menu-menu yang harganya relatif murah.

- Print-ad tersebut memang lebih ditargetkan kepada laki-laki, karena tokoh print-ad yang digunakan adalah laki-laki. Selain itu pemakaian kata ‘guy’ dan menu yang digunakan adalah menu yang memang lebih cocok untuk dikonsumsi laki-laki.

· McDonald’s Japan

- Advertising McD di Jepang sangat menarik. Terutama pada video-ad ini, karena dalam video-ad ini digambarkan seorang perempuan yang menggunakan kostum Ronald, maskot McD. Pada video-ad ini, McD mempromosikan McGrand Tomato, yaitu sebuah burger berukuran besar yang mengandung tomat.

- Video-ad ini sangat menarik karena mengusung budaya Jepang itu sendiri, yaitu cosplay atau lebih dikenal costume player. Dalam video-ad ini, gadis tersebut dimaksudkan sebagai sosok yang mengusung budaya modern Jepang dengan menggunakan kostum Ronald. Hal tersebut mengakibatkan video-ad ini menjadi suatu promosi yang sangat cerdas dan menarik. Karena muncul beberapa anggapan bahwa adanya Ronald versi wanita.

· McDonald’s Israel

- Video-ad dari Israel ini sangat menarik. Israel sendiri adalah negara dengan latar belakang Yahudi dan Islam. Dimana kedua ajaran tersebut mempercayai surga dan neraka. Oleh karena itu pada video-ad McD dari Israel, digambarkan bagaimana arwah orang yang meninggal sampai di neraka. Namun, bukannya penuh dengan siksaan, neraka tersebut justru digambarkan sebagai tempat yang nyaman dan banyak makanan-makanan fastfood yang tentu saja adalah menu-menu McD. Namun setelah si arwah tersebut tergoda untuk mencicipi menu McD tersebut, tiba-tiba muncul sebuah penutup mulut yang terbuat dari besi yang mencegah arwah tersebut untuk menyantap menu tersebut. Barulah neraka yang sesungguhnya muncul.

- Iklan dari Israel ini sangat disesuaikan dengan latar belakang ajaran di Israel itu sendiri. Selain itu iklan tersebut juga dikemas menjadi sangat menarik. Iklain ini juga sangat pintar dalam menonjolkan kenikmatan apabila kita menyantap menu McD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar