Rabu, 23 September 2009

Public Relations - Analisa Restoran dengan Kuesioner

Analisa Restoran dengan Kuesioner



Restoran “PEPPER LUNCH” terletak di Mall Taman Anggrek Lt.4. Restoran “PEPPER LUNCH” ini baru dibuka kurang lebih sebulan di Mall Taman Anggrek. Restoran “PEPPER LUNCH” ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas apabila dibandingkan dengan restoran-restoran lain. Restoran “PEPPER LUNCH” menawarkan jenis-jenis menu yang unik apabila dibandingkan dengan restoran-restoran lain. Restoran ini memiliki spesialisasi menu dengan bumbu pepper/merica. “PEPPER LUNCH” juga mempersilakan pelanggan untuk berpartisipasi secara langsung dalam pembuatan makanan dimana para pelanggan dapat memasak sendiri makanan yang dipesan.

Keberadaan restoran “PEPPER LUNCH” ini saya ketahui melalui teman. Sebelumnya teman saya terlebih dahulu mencicipi menu dari restoran ini, dan ternyata respon teman saya terhadap restoran ini cukup bagus. Karena restoran ini penyajiannya cukup unik, selain memiliki menu-menu dengan bumbu pepper yang unik, restoran ini mempersilakan pelanggan untuk memasak sendiri makanannya. Memang bumbu dan makanannya telah disediakan, akan tetapi yang memasak dan mencampur makanan tersebut adalah para pelanggan sendiri. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari restoran ini. Setelah itu barulah kabar mengenai restoran ini berpindah dari mulut ke mulut.

Akan lebih baik apabila restoran ini memasarkan restorannya melalui internet. Apalagi apabila website yang dipilih oleh restoran ini adalah website-website yang banyak dikunjungi oleh banyak orang seperti google ataupun yahoo. Tentu saja restoran ini akan lebih dikenal oleh para pelanggan.

Setelah pertama kali mencoba “PEPPER LUNCH”, saya telah beberapa kali berkunjung ke restoran tersebut. Mungkin sudah sekitar tujuh kali. Menu masakan dan penyajian makanan yang menarik dari restoran inilah yang membuat banyak para pelanggan kembali berkunjung ke restoran ini. Setelah beberapa kali berkunjung ke restoran ini, dapat diambil kesimpulan banyak pelanggan yang seusia dengan saya, baik bersama teman-temannya dan juga bersama keluarganya menikmati menu “PEPPER LUNCH”. Sehingga rasanya “PEPPER LUNCH” cukup cocok untuk segala usia, walaupun penampilan restoran ini menyerupai restoran keluarga.

Menu yang pernah saya coba adalah beef pepper rice dan salmon pepper rice. Penyajian menu ini sangat menarik, karena sebelum memakannya saya sendiri yang memasak secara langsung makanan tersebut. Selain itu rasa dari makanan tersebut juga sangat lezat dan aroma peppernya juga sangat terasa. Keunikan dari restoran “PEPPER LUNCH” ini memang berasal dari bumbu peppernya yang sangat lezat. Menurut saya penyajian makanan dari “PEPPER LUNCH” sangat menarik.

Harga makanan dari restoran “PEPPER LUNCH” sebetulnya cukup terjangkau. Namun tidak semua lapisan masyarakat dapat menikmatinya. Apabila perlu dibuat kesimpulan, maka harga makanan pada restoran ini lebih cocok untuk kalangan menengah keatas. Akan tetapi apabila diukur dengan bahan makanan, rasa dan juga penyajiannya maka harga yang ditawarkan oleh restoran ini cukup reasonable. Mungkin memang target pemasaran dari restoran ini bertujuan untuk kalangan menengah keatas. Apalagi bila dilihat dari menu restoran ini yang kebanyakan berisi menu-menu yang lebih sesuai untuk kalangan menengah keatas, seperti salmon misalnya.

Pelayanan dari “PEPPER LUNCH” cukup bagus. Pelayannya cukup ramah dan penampilannya pun bersih dan rapi. Selain itu para pelayan menyambut pelanggan dengan senyuman. Mungkin dikarenakan restoran ini masih baru, maka pihak restoran ingin memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Sehingga penyajian makanan sangat cepat dan pelayannya pun cukup tanggap dalam melayani pelanggan.

Untuk menu, dishesnya sudah cukup lengkap dan menarik. Namun untuk bagian dessert, variasi menunya kurang menarik dan kurang banyak. Akan lebih baik apabila menu dessert ditambah dengan beragam variasi kue ataupun es krim.

Secara keseluruhan, restoran “PEPPER LUNCH” ini cukup dari segi pelayanan sangat baik. Dikarenakan restoran ini yang masih sangat baru, sehingga pihak restoran berusaha memberikan yang terbaik untuk para pelanggan, sehingga para pelanggan berkeinginan untuk kembali ke restoran “PEPPER LUNCH”. Dari segi pemasaran juga cukup bagus, karena restoran ini banyak memberikan potongan-potongan harga untuk menu-menu pilihan, yang tentu saja bertujuan untuk menarik pelanggan. Selain itu pemasangan iklan-iklan di sepanjang jalan menuju Mall Taman Anggrek sampai bahkan membagikan brosur restoran “PEPPER LUNCH” di eskalator-eskalator. Hal ini tentu saja menarik perhatian para pelanggan. Namun dari segi penampilan restoran ini perlu sedikit perubahan. Restoran ini penampilannya cukup ketinggalan dan kurang menarik apabila dibandingkan dengan restoran keluarga lainnya. Sehingga diperlukan beberapa perubahan-perubahan yang bertujuan untuk lebih menarik minat para pelanggan. Mungkin dari segi interiornya dibuat lebih nyaman dan modern.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar