Rabu, 07 Oktober 2009

Professional Studies - "Leadership"

Pengertian Leadership (Kepemimpinan) adalah :

· Kemampuan untuk memberi pengaruh antar pribadi dengan kemauan untuk memimpin, melalui proses komunikasi dengan maksud mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu.

· Kepemimpinan adalah jumlah dari pemimpin ditambah rekan-rekan pekerja sama.

Beberapa pandangan mengenai leadership adalah :

· Kepemimpinan yang efektif dapat muncul pada situasi yang dihadapkan untuk memimpin beberapa orang atau kelompok tertentu,

· Kepemimpinan adalah kunci kesuksesan.

· Memahami kepemimpinan berarti memahami bagaimana cara untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

Pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang memiliki kepemimpinan, dan ada 4 elemen utama yang harus dimiliki oleh pemimpin dalam kepemimpinan yang efektif. Elemen tersebut adalah :

· Mempunyai pengalaman sukses.

Orang lebih cenderung mengikuti orang yang sukses ketimbang yang tidak.

· Memiliki visi.

Visi yang jelas, berdasarkan pada data dan informasi berupa fakta adalah elemen yang harus dimiliki pemimpin yang baik.

· Menghargai orang lain.

Dengan menghargai orang lain berarti membuat diri sendiri juga dihargai dan dihormati.

· Pribadi yang kredibel.

Walk the talk. Kredibelitas berarti kemudahan dalam memimpin.

Agar dapat menjadi pemimpin yang baik dan memiliki sifat kepemimpinan, banyak hal yang dapat dilakukan. Misalnya adalah :

· Lebih aktif dan giat.

· Mengambil keputusan dengan cepat.

· Dengarkan dan belajar.

· Berjuang dengan waktu.

· Mengembangkan tanggung jawab.

· Menikmati proses.

· Bekerja sama.

Dengan memiliki dan belajar melakukan hal-hal diatas maka pribadi seseorang dapat berkembang menjadi pemimpin yang memiliki sifat kepemimpinan. Selain itu hal-hal diatas dapat membantu untuk mencapai elemen utama kepemimpinan. Terlebih lagi, hal-hal diatas dapat dilakukan sedari dini. Misalnya dimulai saat masih menjadi seorang pelajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar