Pengertian Leadership (Kepemimpinan) adalah :
· Kemampuan untuk memberi pengaruh antar pribadi dengan kemauan untuk memimpin, melalui proses komunikasi dengan maksud mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu.
· Kepemimpinan adalah jumlah dari pemimpin ditambah rekan-rekan pekerja sama.
Beberapa pandangan mengenai leadership adalah :
· Kepemimpinan yang efektif dapat muncul pada situasi yang dihadapkan untuk memimpin beberapa orang atau kelompok tertentu,
· Kepemimpinan adalah kunci kesuksesan.
· Memahami kepemimpinan berarti memahami bagaimana cara untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.
Pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang memiliki kepemimpinan, dan ada 4 elemen utama yang harus dimiliki oleh pemimpin dalam kepemimpinan yang efektif. Elemen tersebut adalah :
· Mempunyai pengalaman sukses.
Orang lebih cenderung mengikuti orang yang sukses ketimbang yang tidak.
· Memiliki visi.
Visi yang jelas, berdasarkan pada data dan informasi berupa fakta adalah elemen yang harus dimiliki pemimpin yang baik.
· Menghargai orang lain.
Dengan menghargai orang lain berarti membuat diri sendiri juga dihargai dan dihormati.
· Pribadi yang kredibel.
Walk the talk. Kredibelitas berarti kemudahan dalam memimpin.
Agar dapat menjadi pemimpin yang baik dan memiliki sifat kepemimpinan, banyak hal yang dapat dilakukan. Misalnya adalah :
· Lebih aktif dan giat.
· Mengambil keputusan dengan cepat.
· Dengarkan dan belajar.
· Berjuang dengan waktu.
· Mengembangkan tanggung jawab.
· Menikmati proses.
· Bekerja sama.
Dengan memiliki dan belajar melakukan hal-hal diatas maka pribadi seseorang dapat berkembang menjadi pemimpin yang memiliki sifat kepemimpinan. Selain itu hal-hal diatas dapat membantu untuk mencapai elemen utama kepemimpinan. Terlebih lagi, hal-hal diatas dapat dilakukan sedari dini. Misalnya dimulai saat masih menjadi seorang pelajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar